Selasa, 18 Desember 2007

Jangkauan Pancaran WLAN


Dengan kondisi daya terbatas (15-20dBm), maka jarak jangkau peralatan WLAN menjadi terbatas. Jarak jangkau maksimum yang dapat dicapai adalah pada saat sinyal mencapai batas sensitifitas penerima di ujung sebelah sana. Sebetulnya perhitungan-nya sederhana, terutama yang agak rumit hanyalah proses perhitungan redaman sinyal melalui udara (Free Space Loss) yang besarnya rata-rata sekitar 100dBm tergantung jarak & frekuensi yang digunakan.

Untuk memberikan sedikit gambaran, sebuah sambungan WLAN dengan antenna 15 dBi dan daya pancar 15 dBm di kedua ujung-nya akan dapat mencapai jarak sekitar tujuh (7) km dengan memperhitungkan redaman coax 3 dBm. Cukup normal untuk sambungan WLAN 2-11Mbps di banyak kota tanpa perlu menggunakan power amplifier secara ilegal.

Wilayah pancaran sangat tergantung pada kondisi lapangan, lokasi gedung, lokasi penghalang, ketinggian, maupun bentuk antenna yang digunakan. Pada gambar saya coba memperlihatkan coverage (lingkup) pancaran sebuah base station WLAN dalam bentuk bintik-bintik.

Untuk perencanaan / disain sebuah Metropolitan Area Network (MAN) bentuk pancaran ini biasanya kita buat ideal menjadi sebuah bentuk segi enam seperti tampak pada gambar. Bentuk coverage ideal ini akan kita gunakan kemudian di penjelasan lebih lanjut dibawah. Pengetahuan tentang antenna akan sangat penting dalam menentukan bentuk area coverage yang bisa di servis. Pada bagian yang lain saya jelaskan berbagai bentuk antenna & pattern radiasinya.

Contoh perhitungan yang sudah jadi dapat diperoleh langsung dari saya (onno@indo.net.id) dalam bentuk file Excel secara gratis. Dalam file Excel tersebut juga telah saya buatkan beberapa routine konversi dari besaran dBm ke Watt supaya lebih terbayang bagi kita yang tidak biasa dengan notasi dBm. Alternatif lainnya

0 komentar: